Compound Interest

Compound Interest atau Bunga Majemuk adalah perhitungan bunga atas suatu jumlah uang, ketika pada jatuh tempo bunga tersebut tidak ditarik tetapi diinvestasikan kembali bersama pokoknya, sehingga bunga tersebut akan berbunga lagi. Konsep bunga-berbunga ini akan membuat suatu perhitungan tidak lagi meningkat secara linear, tetapi eksponensial.

“Compound interest is the eighth wonder of the world. He who understands it, earns it. He who doesn’t, pays it” ~ Albert Einstein

Ya, konsep perhitungan bunga majemuk ini akan sangat menguntungkan saat kita berinvestasi jangka panjang. Perkembangannya bisa jadi terasa lambat di awal, namun semakin lama jumlah pokok dan bunga tsb akan semakin menggulung dalam jumlah yang makin besar. Jadi bila kamu dalam posisi berinvestasi dengan menggunakan perhitungan Compound Interest, tips agar cuan banyak adalah mulailah sedini mungkin, dalam jangka waktu yang lama, dan pastikan rantai bunga majemuk ini tidak terputus di tengah jalan.

Sebaliknya, bila kamu dalam posisi berhutang menggunakan perhitungan Compound Interest ini, maka jumlah bunga yang kamu bayar akan makin banyak bila kamu berhutang dalam jangka waktu lama. Apalagi bila ada cicilan hutang yang jatuh tempo tapi tidak dibayar, maka bunganya akan semakin berlipat.

Agar berhutang menggunakan Compound Interest ini menguntungkan, maka berhutanglah untuk suatu barang / aset yang nilainya juga semakin meningkat seiring berjalannya waktu. Ini disebut aset produktif. Selain itu juga pastikan cicilan hutang selalu dibayar sesuai jatuh tempo.

Jadi nggak heran kan kalo Einstein menyebut Compound Interest adalah keajaiban dunia nomor 8. Kalau kamu bisa mengaplikasikannya dengan baik, maka kamu akan memperoleh hasil yang berlipat ganda. Tapi bila tidak, justru kamu bisa tekor. Maka selalu perhatikan dan pelajari benar perhitungan bunga atas setiap produk keuangan sebelum kamu membelinya ya.

METTA ANGGRIANI, CFP®

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *