Persiapan Mudik Zaman Now

Di era digital zaman now ini, mudik bisa menjadi semakin mudah dengan banyaknya aplikasi yang bisa diunduh ke ponselmu. Apa saja ya yang bisa bermanfaat untuk perjalananmu?

Aplikasi Perjalanan

Aplikasi umum seperti “Google Maps” atau “Waze” pasti sudah ada di ponselmu-mu untuk menampilkan rute perjalanan, kondisi kemacetan jalan dan estimasi waktu tiba.

Selain itu ada juga aplikasi “JMCARe” keluaran PT Jasa Marga yang berguna memberikan informasi bagi pengguna jalan tol. Kamu bisa mengetahui alternatif rute tercepat, fitur permintaan mobil derek, juga memberikan Laporan Pengguna apabila ada kecelakaan di jalan tol dan kerusakan fasilitas pelayanan.

Kamu bisa juga mengunduh aplikasi travel, biro perjalanan atau maskapai penerbangan bila menggunakan moda transportasi lainnya. 

Aplikasi Layanan Bengkel dan Posko

Aplikasi ini biasanya disediakan khusus oleh merek-merek kendaraan bermotor tertentu, misalnya aplikasi “Wahana Honda”, “Toyota Teman Mudik”, dll. Selain memberikan tips dan peta mudik, biasanya mereka juga memberikan gimmick tertentu seperti games, dll.

Aplikasi Kesehatan

Secara fisik kita harus mewaspadai bahwa mudik di bulan puasa tentunya badan tidak dalam kondisi prima. Maka berhati-hatilah bila melakukan perjalanan. Prediksikan waktu tempuh, waktu singgah dan waktu berpuasa.

“Mudik BPJS Kesehatan” merupakan aplikasi yang dibangun oleh BPJS Kesehatan sebagai media informasi bagi Peserta JKN dan masyarakat umum dalam perjalanan mudik. Kamu dapat mengakses beragam informasi seputar Posko Mudik BPJS Kesehatan, letak fasilitas kesehatan terdekat, dan beberapa lokasi penting saat perjalanan mudik.

Apabila kamu punya asuransi swasta lainnya, sebaiknya cek juga apabila mereka punya aplikasi yang akan memudahkan kamu mencari RS terdekat dalam keadaan darurat, juga prosedur klaim apabila diperlukan.

Aplikasi Keuangan

Bank Indonesia akan tutup pada 11-18 Juni 2018, mulai kembali buka dan beroperasi terbatas pada tanggal 19-20 Juni 2018, dan beroperasi normal pada tanggal 21 Juni 2018.

Namun beberapa bank besar seperti Bank Mandiri dan BCA akan tetap beroperasi dengan layanan terbatas. Kamu bisa cek website bank tsb untuk mengetahui kantor cabang mana saja yang beroperasi. Untuk transaksi harian bagi konsumen, kamu juga bisa unduh aplikasi mobile banking atau internet banking sesuai kebutuhanmu. Namun tetap yang paling penting adalah sediakan cukup uang baik tunai maupun di rekening bank agar perjalanan mudikmu lancar. Jangan sampai overdraft atau berhutang ya.

Nah, dengan begitu banyak kemudahan, semoga perjalananmu bisa menjadi lebih menyenangkan. Karena semuanya berbasis aplikasi, pastikan kamu punya memori ponsel yang cukup, perlengkapan charger extra dan/atau power bank. Because now everything is about connection.

Selamat bersiap-siap ya. Semoga kamu dapat segera berkumpul bersama keluarga tercinta untuk merayakan Hari Kemenangan.

METTA ANGGRIANI, CFP®

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *