Cara Jenius Siapkan Liburan

Pada dasarnya liburan adalah kebutuhan tertier, artinya kita sewajarnya pergi liburan setelah semua kebutuhan dasar terpenuhi. Liburan umumnya untuk refreshing dan melepas lelah, artinya kenikmatannya terbatas untuk saat itu saja. Maka liburan termasuk biaya konsumtif dan harus disesuaikan dengan kemampuan, alias tidak boleh ngutang. 

Mungkin banget lho kamu nyiapin dana liburan jauh-jauh hari sebelumnya. Kamu bisa tentukan berapa dana liburan yang dibutuhkan, kapan akan berangkat, faktorkan tingkat inflasi (dan tingkat kenaikan kurs bila ke LN), lalu disiplinlah menabung. Pilih instrumen tabungan yang bisa autodebet rekening secara otomatis dan memberikan bunga tinggi.

Setelah dana liburan terkumpul, yang penting disiasati juga adalah pengaturan uang (cash management) pada saat liburan. Memang liburan tidak boleh berhutang, tetapi juga tidak dianjurkan membawa uang cash terlalu banyak untuk alasan keamanan. Maka transaksi menggunakan kartu boleh dilakukan, asal pastikan dulu kartu tsb bisa digunakan di berbagai tempat. Selain itu ketahui juga biaya-biaya terkait penggunaan kartu tsb.

Kartu kredit bisa menjadi pilihan, asal langsung dibayar lunas pada saat tagihan jatuh tempo. Keuntungan kartu kredit adalah limit yang cukup besar, namun kurs transaksi sangat tinggi (bila transaksi di LN). Selain itu biaya tarik tunai, biaya bunga dan denda keterlambatan juga tinggi. 

Kartu debit bisa menjadi pilihan. Kamu bisa tempatkan dana liburan dalam rekening dan gunakan sesuai kebutuhan, sehingga biaya liburanmu tidak melebihi budget. Biaya-biaya kartu debit biasanya lebih rendah, tapi juga harus dipastikan apakah kartu debit tsb menggunakan jaringan pembayaran yang bisa diterima di LN.

Kalau pergi ke LN, sebaiknya siapkan mata uang asing negara tujuan sebelum berangkat, karena saat kita jual Rupiah tentunya dihargai paling tinggi di negaranya sendiri. Hindari jual beli valas di bandara, karena biasanya mereka mengenakan mark-up paling tinggi. Alternatifnya, bila perlu tarik tunai di LN, lakukan dengan kartu debit di ATM terdekat, karena biaya & kurs yang digunakan tidak setinggi kartu kredit.

Jadi kesimpulannya, dana liburan itu beneran sudah harus tersedia sebelum kamu berangkat liburan ya, guys! Hindari program cicilan untuk liburan. Kalaupun tergiur promo, pastikan cicilan tsb sudah lunas pada saat kamu pulang liburan. Males banget kan liburan usai tapi masih bayar cicilan, mending buat nabung liburan berikutnya kan?

METTA ANGGRIANI, CFP®

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *