5 Langkah Persiapkan Rumah Jelang Lebaran

Halo moms dan bu-ibu, menjelang Lebaran ini pasti sudah sibuk mempersiapkan rumah juga ya? Katanya rumah itu cermin kepribadian kita lho. Apalagi menyambut hari kemenangan nanti, bersih dan rapinya rumah juga menjadi cermin bersihnya hati dan pikiran kita.

Mumpung masih ada waktu seminggu lagi, yuk kita siapkan rumah dengan 5 langkah berikut:

1. Mencicil mencuci perlengkapan rumah, misalnya taplak, sprei, sarung bantal, bahkan gordijn. Tidak perlu beli baru, selama masih baik dan bisa dicuci, ‘home dressing’ ini nantinya tinggal dipasang bersama pernik unik lainnya dan membuat rumah bersih dan wangi menjelang Lebaran.

2. Mencicil membersihkan rumah sebelum si mbak ART mudik. Lakukan ruangan per ruangan. Singkirkan barang-barang yang tidak diperlukan lagi, bahkan bila ada barang yang masih baik bisa disumbangkan kepada yang membutuhkan. Itu ladang amal juga lho.

3. Menyiapkan tenaga ekstra untuk menjaga kebersihan rumah selama libur Lebaran. Bila menggunakan jasa infal, siapkan budgetnya. Untuk di kota besar seperti Jakarta, tarif infal ART rata-rata Rp 150,000 – Rp 200,000 per hari, sedangkan tarif infal babysitter rata-rata Rp 250,000 – Rp 300,000 per hari. Bila dirasakan tidak perlu, kamu bisa membuat jadwal bersih-bersih rumah dengan melibatkan seluruh keluarga. Komunikasikan dengan baik ya, agar semua merasa bertanggung jawab atas rumah.

4. Memastikan keamanan rumah selama musim libur Lebaran. Apalagi bila kamu akan bepergian meninggalkan rumah dalam keadaan kosong. Pastikan rumah dalam keadaan terkunci dengan penerangan secukupnya. Kalau punya dana lebih, kamu bisa pasang CCTV di rumah dan bisa dimonitor dari manapun kamu berada. Jangan lupa koordinasikan juga dengan RT dan satuan keamanan setempat ya.

5. Menjaga kelangsungan hidup hewan peliharaanmu. Siapkan makanan hewan yang cukup selama musim liburan ini, jangan sampai kehabisan saat toko tutup. Bila bepergian, kamu bisa menitipkan hewan peliharaanmu di tempat penitipan hewan. Tarifnya cukup variatif, tergantung jenis dan ukuran hewan, juga tipe makanannya. Pilih tempat yang terpercaya, kalau bisa yang juga didampingi oleh dokter hewan. Pelajari kontrak penitipan dengan seksama dan tinggalkan juga nomor kontakmu agar bisa dihubungi apabila terjadi sesuatu.

Moms mungkin punya ide kreatif lainnya? Mari kita gunakan sisa Ramadhan ini dengan berbenah diri dan membersihkan hati. Merapikan rumah juga termasuk yaa.. because home is where the heart is….

METTA ANGGRIANI, CFP®

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *