Ikuti 4 kiat ini agar nggak kalap belanja!

Yuuhuuu ladies….. diskon sudah mulai memanggil-manggil nih. THR sudah turun pula. Begitulah, menjelang hari raya banyak toko yang berpromosi, baik online maupun offline. Gimana nih cara menyiasatinya biar nggak kalap?

1. Selalu dan selalu, rumus pertama yang harus diingat yaitu jangan beli barang konsumtif dengan berhutang. Kalo kamu tergiur diskon untuk beli barang-barang yang habis terpakai atau nilainya akan turun di masa depan, seperti pakaian & gadget, maka sebaiknya kamu bayar secara tunai. Jadi ingat batas belanjamu adalah uang yang ada di dompetmu & di rekeningmu saat ini.

2. Luangkan waktu belanja yang cukup, jangan terburu-buru, jangan pula di kala perut lapar. Taruh belanjaan di keranjang selama beberapa saat, dan pikirkan lagi sebelum membayarnya. Lebih baik lagi bila kamu punya waktu berpikir selama beberapa hari. Bila kamu sudah lupa dengan barang tsb berarti kamu tidak benar-benar menginginkannya. Selalu berikan ruang kosong sebelum bertransaksi.

3. Periksa barang diskonan tsb dengan teliti. Pastikan barang tsb dalam keadaan baik dan lengkap, bukan barang cacat. Bila makanan/minuman, cek juga tanggal kadaluarsanya.

4. Perhatikan apabila ada terms & conditions khusus untuk barang diskonan tsb, misalnya no-returnable, no refundable, tidak ada garansi, tidak termasuk ongkir, dll. Jangan sampai menyesal bila ternyata barang yang dibeli tak sesuai dengan keinginan.

Sadarilah bahwa diskon memang di-desain sedemikian rupa sehingga kamu merasa urgent untuk membeli barang dengan segera. Maka sadarilah juga bahwa keinginanmu sebenarnya tidak terbatas, setelah diskon yang satu, kamu pasti masih akan tertarik dengan diskon lainnya. Jadi pandai-pandailah memilih diskon saat belanja yaaaa….

METTA ANGGRIANI, CFP®

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *