Virtual Office vs Co-Working Space

Sekarang ini zamannya start-up. Kamu yang millenials sekarang lebih senang bekerja independen untuk menyalurkan ide-ide kreatifmu. Oleh karena itu kamu memerlukan lingkungan dan tempat kerja yang kondusif. Kalau sewa kantor sendiri tentunya terlalu mahal untuk start-up, sementara kalau bekerja di kafe secara nomaden juga tidak efektif. Maka sekarang bermunculan Co-Working Space, yaitu tempat dimana para individu dengan latar belakang / minat bisnis berkumpul bersama. Dengan konsep open space & transparency, co-working space memungkinan para individu tsb bekerja sama dan berkolaborasi dengan harga yang terjangkau.

Di Jakarta, rata-rata tarif co-working space per hari adalah Rp 30,000 – Rp 50,000; per minggu Rp 50,000 – Rp 200,000; dan per bulan Rp 1,100,000 – Rp 3,000,000. Tarif tsb adalah per orang, dengan fasilitas yang umumnya tersedia yaitu wifi, shared desk, drinking station & locker. Setiap co-working space punya keunikan masing-masing, ada yang menyediakan mentorship, ruang olahraga, taman, dll.

Selain itu ada juga Virtual Office (VO), yaitu kamu hanya menyewa alamat, nomor telepon, layanan resepsionis dan mail handling. Dengan konsep ini, kamu bekerja secara virtual atau bisa dimana saja, tetapi punya dedicated address untuk bisnismu. 

VO ini sepertinya lebih tepat untuk start-up yang sudah mulai established dan perlu representative office untuk membangun professional business profile. VO juga biasanya menyediakan establishment services, yaitu jasa pendirian perusahaan secara legal dan keperluan administratif kantor lainnya. 

Biaya VO cukup bervariasi. Di Jakarta, rata-rata tarif VO yang menyediakan jasa alamat, mail & telephone handling berkisar antara Rp 770,000 – Rp 1,400,000 per bulan, tidak termasuk pajak dan diluar deposit. Kadang ada yang memberikan bonus berupa working space atau meeting room secara terbatas. 

Nah, kamu bisa memilih tempat kerja yang paling sesuai untuk kebutuhan bisnismu. Kamu bisa memperhitungkan alternatif tempat bekerja dan biayanya ini ke dalam business plan, agar produktivitasmu lebih terukur. 

Selamat bekerja dan berkarya…

METTA ANGGRIANI, CFP®

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *