Perencanaan Keuangan = Perencanaan Kehidupan

Kemarin saya membahas perencanaan keuangan dengan seorang klien. Membicarakan keuangan memang tidak mudah, malah kadang membuat stress (dan ingin lari dari kenyataan). Tapi, faktanya, kita harus bisa melihat realita biaya kehidupan yang semakin meningkat.

Highlight dari diskusi hari ini adalah: perencanaan keuangan itu memerlukan LOGIKA dan IMAN. Bahwa perencanaan bisa dibuat, tingkat resiko & return investasi dapat diprediksi, namun saat mengeksekusi rencana tsb diperlukan hati yang ikhlas dan tawakal. Rezeki bisa datang dari mana saja & musibah bisa terjadi kapan saja. Perencanaan keuangan yang mapan tetap diperlukan untuk merencanakan masa depan dan melindungi keluarga tercinta.

Alhamdulillah, saya selalu bersyukur setiap bertemu dengan klien. Selalu ada pencerahan dari setiap diskusi karena setiap penetapan tujuan keuangan punya cerita menarik di belakangnya. Jadi perencanaan keuangan adalah perencanaan kehidupan, karena tujuan keuangan itu yang akan membentuk kehidupan kita yang sesungguhnya.

Benjamin Franklin mengatakan “If you fail to plan, you plan to fail”. Bila hidup cuma sekali, tidakkah kita ingin merencanakannya dengan baik? Mulailah dengan perencanaan keuangan yang mendasar, seperti membuat cash flow yang positif, mempersiapkan dana darurat, menyediakan proteksi dan dana kesehatan untuk keluarga. Selanjutnya persiapkanlah dana pendidikan yang cukup untuk anak-anak dan merencanakan dana pensiun untuk hari tua nanti.

Tujuan keuangan bisa dibuat bervariasi, tergantung kebutuhan dan tahapan kehidupan masing-masing individu. Ada yang ingin menambahkan dana pembangunan rumah, dana usaha, dana liburan, silahkan saja. Setiap tujuan keuangan adalah sah karena berasal dari mimpi dan cita-cita yang otentik dari setiap orang. Namun setiap tujuan keuangan haruslah disesuaikan dengan kemampuan agar menjadi doable. Proses “mengukur” mimpi dan kemampuan inilah yang akan dibantu secara obyektif oleh seorang financial planner agar tujuan keuangan dapat diformulasikan dan diimplementasikan dengan baik.

Jadi sudahkah Anda merencanakan kehidupan Anda dengan baik? Beranikan dirimu untuk mewujudkan tujuan keuanganmu. Colek saya untuk membantu kamu ya.

METTA ANGGRIANI, CFP®

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *