Investasi untuk mencapai kebebasan finansial

Indonesia telah 74 tahun merdeka. Kamu gimana? Apa definisi merdeka untukmu?

Banyak orang bercita-cita untuk meraih kebebasannya ketika sudah merdeka secara finansial. Arti kebebasan finansial untuk tiap orang pun bisa berbeda-beda. Untuk mencapainya, perlu perencanaan dan pengelolaan keuangan yang baik. 

Kenapa? Karena hidup itu kan nggak cuma untuk saat ini. Artinya ketika kita bicara tentang kebebasan finansial, kita ingin kebebasan tsb bertahan lama. Hidup manusia itu panjang, untuk orang Indonesia sendiri rata-rata usia hidup hingga 70tahun. Nah, kamu ingin mencapai kebebasan finansial di usia berapa? Misalnya nih, kalau kamu ingin “pensiun” di usia 50 tahun, artinya kamu perlu mempersiapan kebebasan finansial hingga 20 tahun (asumsi usia hidup 70 tahun tadi). Jadi kamu harus bekerja keras sebelum usia 50 tahun untuk mengumpulkan dan mengembangkan kekayaaan, agar nantinya kekayaan tsb yang akan bekerja untuk kamu.

Gimana caranya? Tak ada cara lain mencapai kebebasan finansial selain dengan berinvestasi. Investasi itu berbeda dengan menabung. Menabung itu lebih menjaga nilai uang dari tingkat inflasi dan biasanya untuk tujuan jangka pendek. Sementara investasi bertujuan untuk melipatgandakan kekayaan dalam jangka panjang. Dengan waktu yang lebih panjang, hasil investasi akan terkumpul dengan maksimal, bisa dimulai dari uang kecil, tapi harus dilakukan terus tanpa terputus.

Investasi ini nantinya akan menghasilkan 2 hal:

1. Passive income, yaitu returnatau bunga dari dana yang kita investasikan, yang akan diterima sesuai jangka waktu yang telah ditentukan. Misalnya kita investasi Rp 100 juta dalam bentuk obligasi untuk jangka waktu 5 tahun dengan bunga 9% per tahun . Artinya, setiap bulan sekali kita akan menerima bunga sebesar Rp 750.000 selama 5 tahun, dan di akhir tahun ke-5 kita akan menerima kembali pokok investasi kita senilai Rp 100 juta tadi.  Jadi kita biarkan uang Rp 100 juta bekerja untuk kita dan bunga itulah yang akan menjadi passive income kita selama 5 tahun. Note: perhitungan ini mengabaikan pajak.

2. Capital gain, yaitu kenaikan nilai aset investasi yang kita miliki. Misalnya kita membeli rumah tahun 2019 ini seharga Rp 600 juta. Seandainya rumah tsb kita tempati, maka setelah 10 tahun nilai aset tersebut katakanlah meningkat jadi Rp 1 M. Artinya kita menikmati capital gain tsb sebesar Rp 400 juta bila rumah tsb dijual. Bila tidak dijual, maka capital gainitu hanya dicatat sebagai kenaikan nilai aset yang tidak terealisasi.

Bila ternyata selama 10 tahun rumah tsb tidak ditempati, tetapi disewakan dengan memberikan penghasilan sewa sebesar Rp 20 juta per tahun, maka penghasilan sewa tsb adalah passive income. Sementara capital gain rumah tsb tetap ada, walaupun tidak terealisasi. Jadi rumah yang disewakan tsb menjadi aset produktif yang akan memberikan 2 keuntungan sekaligus.

Nah, bayangkan bila sedari muda kita telah berinvestasi, berapa banyak passive incomeyang bisa kita kumpulkan dan capital gainyang bisa kita peroleh dalam jangka panjang? Apalagi bila setiap passive incomeyang kita terima tsb, kita investasikan kembali (roll over). Maka hasil investasi kita akan semakin berlipat dalam waktu panjang.

Prinsip ini disebut compound interestatau bunga majemuk, dimana bila bunga yang diterima saat jatuh tempo diinvestasikan kembali bersama pokoknya, bunga tsb akan berbunga lagi. Konsep bunga-berbunga ini akan membuat suatu perhitungan yang tidak lagi meningkat secara linear, tetapi eksponensial. 

Dengan kebebasan finansial itu kita bisa menikmati hidup walaupun kita tidak bekerja lagi, karena kebutuhan hidup kita dapat ter-coveroleh passive incometsb. Ingat, selama hidup jalan terus, kebutuhan hidup juga nambah terus. Artinya kalau tidak bekerja lagi, tetap harus ada pemasukan untuk memenuhi kebutuhan hidup tsb. Kalaupun mau bekerja lagi, itu adalah pilihan yang akan memberi nilai tambah. Sehingga bekerja tidak menjadi suatu keharusan, tapi kenikmatan.

Jadi, kapan kamu ingin mencapai kebebasan finansial? Siap nggak kamu berkorban dengan selalu menyisihkan sebagian uangmu untuk berinvestasi? Kebebasan finansial adalah tujuan yang sangat bisa direalisasi. Ini semua bisa dihitung lho, bukan sulap dan bukan sihir!

METTA ANGGRIANI, CFP®

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *