3 Biaya yang Harus Dipersiapkan untuk Tahun Ajaran Baru

Libur tengah tahun sebentar lagi usai. Tahun ajaran baru akan segera dimulai. Para orang tua tentu sudah melakukan berbagai persiapan untuk sekolah anak. Masih ada sisa dana Lebaran kemarin kan? Karena mau-tidak mau tahun ajaran baru akan membutuhkan biaya lagi, contohnya:

1. Biaya administrasi sekolah. Pada waktu seperti ini, biasanya uang pangkal untuk masuk sekolah baru sudah dibayarkan. Namun pastikan lagi bahwa seluruh dokumen dan biaya administrasi lainnya (bila ada) juga sudah diselesaikan dengan pihak sekolah.

2. Biaya buku, yaitu buku pelajaran, buku tulis dan alat tulis yang mutlak diperlukan.  Untuk buku pelajaran, sebaiknya menunggu sampai sekolah dimulai untuk memastikan buku-buku yang akan digunakan sesuai dengan edisi/penerbit yang akan digunakan di sekolah. Mungkin juga sekolah telah menyediakan paket tertentu, atau tersedia di perpustakaan. Sementara untuk buku tulis dan alat tulis, biasanya jumlahnya akan menyesuaikan dengan jumlah mata pelajaran. Pastikan dana buku ini tersedia secara memadai.

3. Biaya perlengkapan sekolah, terutama baju seragam, sepatu dan tas. Sebelum membeli yang baru, sebaiknya cek dulu perlengkapan sekolah yang lama. Tidak semuanya wajib dibeli baru, walaupun dapat dimengerti apabila baju dan sepatu mungkin perlu yang baru karena anak-anak masih dalam masa pertumbuhan. Apalagi bila si anak masuk ke jenjang pendidikan baru, tentunya pembelian seragam baru harus dianggarkan. Jadi siapkan dana yang cukup untuk perlengkapan sekolah, karena ini juga akan memotivasi anak untuk kembali ke bangku sekolah setelah liburan.

Harap maklum bila uangmu akan banyak keluar untuk biaya-biaya di atas. Selanjutnya, tentu kamu masih harus mempersiapkan uang sekolah bulanan. Belum lagi apabila ada aktivitas atau les tambahan pada anak. Dari total biaya sekolah bulanan tsb, ada baiknya kamu menganggarkan lebih sebanyak 10-20% untuk biaya lain-lain, di luar uang saku anak, uang transport, dsb.

Pfiuhhh.. lumayan banyak juga ya jumlahnya. Ini kita belum bicara mengenai perencanaan pendidikan jangka panjang untuk anak lho. Nanti saya ulas dalam forum terpisah ya. Untuk sementara, mari kita siapkan dulu tahun ajaran baru ini agar dapat dimulai dengan baik.

METTA ANGGRIANI, CFP®

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *