Atur Siasat Dana Darurat di Era New Normal

Adanya pandemi Covid-19 membuat segalanya berubah. Perubahan ini tentu harus disiasati, salah satunya dengan strategi keuangan untuk bisa menopang kehidupan di tengah ketidakpastian. Menabung menjadi krusial, utamanya menyiapkan dana darurat untuk mengantisipasi risiko-risiko kehidupan.

Zakat Fitrah

Salah satu hal yang wajib ditunaikan dalam ibadah Ramadhan ini adalah Zakat Fitrah. Zakat fitrah dapat dikeluarkan kapanpun selama bulan Ramadhan namun harus sebelum shalat Idul Fitri dilangsungkan.

Persiapan Mudik Zaman Now

Di era digital zaman now ini, mudik bisa menjadi semakin mudah dengan banyaknya aplikasi yang bisa diunduh ke ponselmu. Apa saja ya yang bisa bermanfaat untuk perjalananmu?

Personal Practice

Salah satu resep untuk selalu tampil kece adalah badan yang fit & pikiran yang jernih. Tiap orang punya caranya masing-masing untuk jaga kesehatan. Kalau saya resep jitunya adalah dengan yoga.

Pelaporan SPT Tahunan

Podcast yang hadir pada program Money Matters with Metta Anggriani, CFP® di Radio Pinguin FM, Bali.

Hydration

Kemarin ini saya bertemu sahabat saya Yeyen yang selalu tampil kece. Saat sekarang sedang hamil pun, penampilannya tetap paripurna dan auranya justru semakin memancar. Yeyen bilang resep kecenya ternyata sederhana saja, yaitu stay HYDRATED.

Cash Flow Management

Perencanaan keuangan yang paling dasar adalah mengatur arus keuangan antara pendapatan dan pengeluaran. Laporan arus kas (cash flow statement) itu sebenarnya sederhana, yaitu mencatat berapa jumlah pendapatan dan pengeluaran dalam suatu periode tertentu (sebulan, misalnya). Berikutnya yang perlu diperhatikan adalah kapan pendapatan masuk dan kapan terjadi pengeluaran-pengeluaran selama periode tsb, apakah terjadi surplus atau defisit, sesaat atau konsisten.

Antara Cinta dan Uang

Happy Valentine’s Day! Walaupun bukan Hari Libur Nasional, tetap banyak orang menjadikan hari ini sebagai moment untuk mengekspresikan rasa sayang terhadap pasangannya. Padahal sebenarnya semua juga paham bahwa kasih sayang bisa dirayakan kapan saja, bukan pada hari tertentu kan?

Mengenal Profesi CFP

Apakah seorang Perencana Keuangan harus punya gelar CFP (Certified Financial Planner)? Sebenarnya Perencana Keuangan itu perannya apa sih? Apa yang diperlukan untuk menjadi Perencana Keuangan yang baik? Apakah profesi ini menjanjikan? Terima kasih Lifepal Media telah menampilkan dan mengangkat profesi CFP.

Uang Elektronik

Uang sebagai alat pembayaran telah berevolusi sangat jauh di era digital ini. Sebelumnya telah berkembang Alat Pembayaran Menggunakan Kartu (APMK) seperti kartu kredit dan kartu debit, dimana dana sepenuhnya masih tersimpan dalam rekening bank dan transaksi baru dibukukan ke kartu setelah ada otorisasi. Jadi harus ada akses dan komunikasi online dulu ke komputer issuer, barulah rekening nasabah terdebit / terkredit.